Rumah Besar Milik Masyarakat Adat Nusantara

0

 

Mandatrakyat.com – Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat Nusantara merupakan Rumah Besar bagi Masyarakat Adat Nusantara. Hal itu disampaikan oleh Sudiyanto sebagai moderator dalam acara Ngopi, ngobrol santai penuh inspirasi bersama para sahabat dan anggota SUTA Nusantara (12/6/2020).

Mengambil tema “Konsep Dasar Badan Usaha Milik Adat”, Ngopi seri kedua menghadirkan narasumber utama Dadung Hari Setyo selaku Ketua Umum KUP SUTA Nusantara. Acara yang berlangsung di ruang google meeting tersebut dihadiri banyak anggota SUTA Nusantara. Ada dari NTB, Sumsel, Jabar, Banten, NTB, Tolitoli, Jakarta, dan lainnya.

Keberadaan Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat ini bertujuan untuk memuliakan dan mengembalikan martabat masyarakat adat nusantara. “Masyarakat adat nusantara harus bangkit dan kembali dimuliakan martabatnya, termasuk di bidang ekonomi.” Tutur Dadung HS selaku narasumber.

Kang Erlan dari Bandung sempat menanyakan tentang arah dari Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat Nusantara ini, mengingat masyarakat adat sendiri sudah ada di berbagai wilayah.

Merespon pertanyaan tersebut, Dadung HS sebagai narasumber menjawab “seperti tadi sudah disampaikan oleh moderator, bahwa Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat Nisantara ini merupakan rumah besar bagi masyarakat adat. Jadi, masyarakat adat yang sudah ada di berbagai wilayah bisa menjadikan asosiasi ini rumah bersama,” jelas Dadung.

“Betul, keberadaan Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat Nusantara ini tidak menghilangkan identitas khas masyarakat adat di berbagai wilayah, melainkan justru merangkul untuk bergandengan tangan di dalam rumah besar bersama menjadi satu kesatuan masyarakat adat nusantara.” Ujar Sudiyanto menimpali jawaban penjelasan Ketum SUTA Nusantara, Dadung Hari Setyo.

Senada dengan itu, Thobroni dari OKI Raya, Sumatra Selatan mengatakan bahwa kolaborasi antar masyarakat adat dalam Asosiasi Badan Usaha Milik Masyarakat Adat Nusantara ini akan menjadi kekuatan besar dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat adat khususnya.
(CS)

Share.

About Author

Leave A Reply