Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

0

MANDATRAKYAT.COM – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia. Perempuan asli Solo itu tutup usia di umur 77 tahun. Mendengar kabar ibunya wafat, Presiden Joko Widodo langsung bertolak ke Solo.

“Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian,” demikian keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Jakarta, Rabu, 25 Maret 2020.

Jokowi mengaku sangat dekat dengan sang ibu semasa hidupnya. Menurut Jokowi,  Sudjiatmi bukan sekadar ibu yang selalu membantu dalam doa, melainkan juga teman diskusi dari hal prinsip sampai remeh-temeh.

“Karena saya pernah nabrak apa yang dilarangnya. Hasilnya memang tak berkah, malah gagal total,” kata Jokowi.

Pria yang lahir di Solo itu bercerita, ingin membuat cabang usaha di Dubai, Uni Emirat Arab. Usul itu pernah didiskusikan dengan ibunya, tapi ditolak. Akhirnya, gagal.

Karena itu, Jokowi selalu meminta pendapat ibunya ketika ingin mengambil keputusan seperti bisnis hingga maju menjadi presiden pada tahun 2014.  Ia meminta restu ibunya.

Sang ibu tak hanya memberi restu, tapi juga wejangan dan wanti-wanti. “Saya selalu ingatkan Joko untuk rajin salat, banyak makan, tetap jujur dan ikhlas,”

Kepergian ibunya ini merupakan kabar duka kedua, setelah sebelumnya orangtua angkatnya, Selimah, meninggal dunia. Sudjiatmi Notomiharjo meninggalkan empat orang anak, 9 cucu 3 cicit. Rencananya, almarhumah akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu,  Selokatan, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis, 26 Maret 2020, Jam 1 siang.

Share.

About Author

Leave A Reply